Pikiran Manusia

Pemikiran manusia mayoritas terbentuk karena adanya pengalaman pribadi seseorang. Kemampuan untuk menguraikan apa yang terjadi menjadi bahasa otak menjadikan kemampuan otak manusia berkembang menjadi labirin yang rumit.

Pada dasarnya manusia dibekali dengan segala informasi yang ada di dunia. Proses pendewasaan menyusun kepingan puzzle informasi menjadi gambaran sesuai dengan objective manusia tersebut. Tidak ada yang salah dengan proses pembelajaran.

Perkembangan personal menjadi kunci dari pembentukan apa-apa yang akan digambarkan puzzle tersebut. Ada kalanya pengalaman psikologis seseorang berhenti untuk berkembang dan menjadikan gambaran puzzle psikologisnya terhenti. Proses ini menjadikan manusia sebagai pribadi yang statis dan membosankan.

Penghentian yang paling mudah terjadi adalah ketika seseorang menjerumuskan dirinya pada rutinitas. Rutinitas yang dianggap baik karena menunjukkan keteraturan dan keselarasan. Pengalaman-pengalaman yang timbul dari rutinitas akan menjadikan suatu pribadi berkembang menjadi robot-robot manusia. Pemetaan otak berubah menjadi jalur-jalur tol untuk memecahkan masalah rutin.

Pengalaman menjadikan manusia di satu sisi baik dan di lain sisi sangat destruktif karena sifatnya pengulangan secara berkala dan kesinambungan. Proses pengulangan akan menggunakan hanya satu bagian otak dan mematikan bagian yang lain. Kematian ini berakibat pada ketidakseimbangan untuk hidup.

Pertanda yang sangat baik adalah penilaian yang selalu bersifat subyektif. Ketidakmampuan untuk melihat dari posisi orang lain menandakan hal ini. Bersikap over-protektif terhadap kepentingan pribadi serta kecurigaan berlebihan menjadi pertanda lain.

Bagaimana solusi atas permasalahan ini? Bercerminlah!

(ditulis oleh Agung Wisnu Mukti pada 1 Juni 2011, diedit oleh Elvi Astuti)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: